Siapa yang menyukai es krim rasa vanila?

Rasa es krim vanila ini berasal dari buah tanaman vanili, teman-teman.

Vanilla planifolia merupakan salah satu jenis anggrek.

Nah, buah tanaman vanili inilah yang diolah untuk memberi rasa atau aroma vanila.

Sekarang, harga buah ini mahal, lo. Kenapa, ya?

Habitat Asli Tumbuhan Vanili

Menurut Majalah Taste of Home, dulu harga vanila 10 dolar per-kilogram.

Nah, sekarang, harga vanila per-kilogram mencapai 500 dolar atau sekitar 7 juta rupiah, lo.

Wah, padahal ada banyak sekali produk makanan, minuman, sampai produk perawatan tubuh yang memakai rasa atau aroma vanila.

Manfaat Vanili yang Belum Diketahui

Tidak hanya sekedar ramuan lezat dalam makanan, namun juga memiliki sejumlah manfaat yang penting bagi kesehatan, seperti; meningkatkan pertumbuhan rambut, mempercepat penyembuhan, mengurangi peradangan, mencegah penyakit kronis, melindungi jantung dan mengatasi masalah jerawat, serta masih banyak manfaat lainnya yang dapat Anda gunakan.

Bumbu vanili yang terdapat di dalam makanan berasal dari bunga anggrek, yang mengandung buah-buahan yang berbentuk seperti polong. Buah polong ini bisa berkisar antara 5-22cm dan dianggap berkualitas lebih tinggi bila lebih besar.

Buah polong ini harus dipetik dengan tepat pada waktu yang tepat untuk memastikan bahwa biji polong tidak muncul dan warnanya sudah matang. Pemanenan polong adalah proses yang memakan waktu.

Ekstrak, bubuk, polong utuh dan gula vanili merupakan hal paling umum yang terdapat pada vanili dan ini dapat digunakan pada berbagai kesembuhan yang berbeda. Vanili baik bagi tubuh karena kaya akan nutrisi.

Vanili menjadi salah satu solusi penyembuhan yang paling terpercaya dan rasa paling populer di lidah kita. Inilah manfaat vanili seperti yang dilansir dari laman Organic Facts

  1. Kesehatan Jantung

Zat di dalam vanili, yaitu Vanillin, telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengalami serangan jantung dan stroke, karena kolesterol rendah dapat mencegah aterosklerosis, pembengkakan di arteri, dan pembekuan darah.

  1. Mencegah Jerawat

Orang yang memiliki masalah dengan jerawat, seringkali tidak percaya diri. Untungnya, sifat antibakteri dari vanili mampu melawan jerawat, karena mampu menghilangkan infeksi yang mendasarinya dan mempercepat proses penyembuhan kulit.

  1. Memperkuat Rambut

Vanili sering termasuk dalam produk kebersihan dan kecantikan karena memiliki efek pada rambut dan kulit. Jika Anda sering mengalami perpecahan atau rambut rontok, gunakanlah minyak esensial vanili karena dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu fungsi antioksidan yang paling penting adalah menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan yang ada dalam ekstrak vanili, terutama kandungan vanilin yang tinggi dapat mencegah efek negatif radikal bebas, seperti kanker dan penyakit kronis.